10:19
0
Gelombang pasang adalah gelombang air laut yang melebihi batas normal dan dapat menimbulkan bahaya baik di lautan, maupun di darat terutama daerah pinggir pantai. Umumnya gelombang pasang terjadi karena adanya angin kencang/topan, perubahan cuaca yang sangat cepat, dan karena ada pengaruh dari gravitasi bulan maupun matahari. Kecepatan gelombang pasang sekitar 10-100 Km/jam.Meskipun dampak yang di timbulkan oleh gelobang pasang itu sendiri tak separah yang di timbulkan bencana Tsunami, tapi perlu di waspadai pula karena gelombang pasang itu sendiri juga mampu memporak - porandakan bangunan yang berada di sekitarnya.Gelombang pasang sangat berbahaya bagi kapal-kapal yang sedang berlayar pada suatu wilayah yang dapat menenggelamkan kapal-kapal tersebut. Jika terjadi gelombang pasang di laut akan menyebabkan tersapunya daerah pinggir pantai atau disebut dengan abrasi.
Banyak orang yang berpendapat kalau gelombang pasang dan tsunami itu sama, dari pendapat itu ternyata semuanya tidak benar. Gelombang pasang dan tsunami ternyata berbeda, pasti anda bertanya - tanya sebenarnya apa sih perbedaan antara gelombang pasang dengan tsunami ?.
Perbedaan yang sangat mencolok adalah faktor penyebab terjadinya, gelombang pasang terjadi karena faktor angin yang kencang dan grafitasi sedangkan tsunami terjadi karena faktor gempa yang terjadi di dasar laut.
Setelah kita mengetahui perbedaan antara gelombang pasang dan tsunami, Untuk itu kita kembali lagi ke fokus pembahasan artikel ini mengenai Penanggulangan Bencana Gelombang Pasang. Alangkah baiknya anda mengetahui ciri - ciri atau karakteristik gelombang pasang itu sendiri. Adapun karakteristik gelombang pasang itu sendiri dan bagaimana penanganan yang harus kita lakukan sewaktu - waktu gelombang pasang menerpa kita, Berikut penjelasan secara detailnya :

Karakteristik Terjadinya Gelombang Pasang
  • Angin kencang, gelombang pasang di tandai dengan adanya angin yang sangat kencang yang tidak seperti biasanya. Angin tersebut berhembus dari laut menuju darat (Angin Laut).
  • Terjadinya badai, angin yang sangat kencang yang terjadi di tengah laut ini dapat menyebabkan  terjadinya badai di tengah laut, hal ini akan memicu terjadinya gelombang pasang yang akan terhembus hingga tepi pantai pantai.
  • Perubahan cuaca, yang tiba-tiba menjadi gelap.
  • Gelombang air yang semakin tinggi tidak seperti biasanya, dengan adanya gelombang yang tinggi di tambah dengan angin yang sangat kencang. Gelombang tersebut bisa dengan cepat menyapu daerah pinggir pantai. Tinggi gelombang berkisar kurang lebih 10 m dengan periode gelombang  6 - 12 detik.
Penyelamatan Diri saat Terjadi Gelombang Pasang
  • Jika anda berada di tepi pantai, segeralah berlari ke tempat yang lebih tinggi dan memberitahu kepada orang - orang yang berada di sekitar tepi pantai tentang adanya gelombang pasang.
  • Jika anda berada di dalam kapal di tengah laut, jauhilah daerah yang terkena cuaca buruk dan gelombang pasang. Bagi nelayan atau orang yang suka travelling di laut di himbau untuk membatalkan berlayar dan travelling, apabila melihat kondisi karakteristik terjadinya gelombang pasang seperti yang di jelaskan di atas.
Selain itu yang perlu anda ketahui lagi adalah Strategi Mitigasi dan Upaya Pengurangan Jumlah Korban. Berikut ulasannya.

Peningkatan kewaspadaan terhadap bencana gelombang pasang
masyarakat / orang yang berada di daerah tepi pantai di himbau untuk selalu tetap waspada tentang bencana ini. masyarakat harus mengetahui tanda - tanda terjadinya gelombang pasang.

Pemberitahuan dini kepada masyarakat
Pihak - pihak terkait memberitahukan dini kepada masyarakat / orang yang berada di daerah tepi pantai akan terjadinya gelombang pasang. dengan adanya pemberitahuan ini masyarakat  akan lebih bergegas menyelamatkan diri dan barang - barang berharga lainnya.

Membuat / merencanakan evakuasi warga
Membuat / mengevakuasi masyarakat sangat di perlukan. Hal ini di karenakan untuk meminimalizir korban jiwa.

Membuat / merencanakan tempat pengungsian
Setelah mengevakuasi seluruh warga yang berada di sekitar tepi pantai, warga segera di arahkan menuju tempat pengungsian yang lebih aman (menjauh dari tepi pantai, tempat pengungsian berada di dataran yang tinggi ).

Tetap Tenang
Warga / orang yang berada di daerah tepi pantai di harap selalu tetap tenang, semakin anda panik, hal ini dapat memperkeruh suasana sehingga proses penyelamatan diri semakin terganggu.


" Kesimpulannya warga / orang yang berada di sekitar tepi pantai harus tetap tenang dalam menghadapi bencana ini, warga harus mengetahui tanda - tanda gelombang pasang tersebut dan cara penyelamatan diri ".

Demikian artikel yang saya buat mengenai Penanggulangan Bencana Gelombang Pasang, waspadai juga dampak lebih lanjut mengenai Penanggulangan Bencana Tsunami.
---> Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment