11:24
0
Manfaat dan Kandungan Buah
Buah yang satu ini merupakan salah satu primadona masyarakat pada umumnya, buahnya yang bergerombol mirip dengan buah rambutan . Buah anggur berasal dari kawasan selatan antara Laut Kaspia dan Laut Hitam di kawasan Asia kecil . Buah anggur memiliki bentuk tanaman buah yang berupa perdu yang merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae, sedangkan anggur memiliki nama latin vitis vinifera atau vitis labrusca. Rasanya yang dominan manis membuat orang suka akan rasanya dan anggur memiliki texture yang kenyal. Pembudidayaan tanaman buah anggur sebaiknya di tanam di daerah yang memiliki ketinggian tanah tidak terlalu tinggi di atas permukaan laut, seperti di tepian pantai yang memiliki musim kemarau yang cukup panjang antara 4 - 7 bulan. Terlepas dari itu semua buah yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi tubuh kita, kandungan nutrisi gizi yang terdapat dalam buah anggur yang berlimpah. Salah satunya buah anggur mengandung flavonoid yang mampu melawan dan mencegah berbagai penyakit, semakin gelap warna anggur semakin tinggi konsentrasi flavonoidnya. Selain itu buah anggur juga memiliki kandungan gizi lainnya, di antaranya adalah :
  • Vitamin A, B1, B2. B6, C
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Flour
  • Zat besi
  • Magnesium, mangan, fosfor
  • Potasium, silikon, sulfur
  • Karbohidrat
  • Gula, serat
Manfaat dan Khasiat Buah Anggur
Ternyata banyak sekali yah kandungan yang terdapat dalam buah anggur, setelah kita mengetahui kandungan yang terdapat dalam buah anggur. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang manfaat dan khasiat apa saja yang di peroleh tubuh kita, apabila kita mengkonsumsi buah anggur. Manfaat dan khasiat  dari buah anggur di antaranya :

--> Mencegah kanker payudara
Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok yang menakutkan bagi wanita, tumbuhnya kanker di dalam payudara di sebabkan karena banyak faktor. Dengan kita mengkonsumsi buah anggur maka kita akan dapat mencegah kanker payudara, hal ini di karenakan buah anggur memiliki zat antioksidan yang dapat menghambat serta mematikan sel - sel kanker.

--> Buah anggur untuk penyakit asma
Efek yang di timbulkan oleh penyakit asma adalah susahnya kita untuk bernafas, nafas kita terasa berat dan sesak.Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang mampu meningkatkan kadar air dalam paru - paru, sehingga dapat mengurangi sesak napas.

--> Menetralizir radikal bebas dalam tubuh
Kandungan flavonoid yang terdapat dalam buah anggur berperan sebagai zat antioksidan yang berperan dalam menetralizir radikal bebas yang terdapat dalam tubuh kita.

--> Mengatasi kelelahan
Kelelahan yang terjadi pada kita apabila sehabis kita bekerja, berolahraga atau mengeluarkan energi dalam tubuh kita. Akan mengakibatkan tubuh kita menjadi lemas tak berdaya, untuk itu apabila kita kelelahan sebaiknya kita mengkonsumsi jus buah. Hal ini di karenakan buah anggur memiliki kandungan energi instadan dan kaya akan zat besi sehingga dapat memulihkan energi kita.

--> Mengobati susah buang air besar
Kekurangan serat di dalam tubuh kita akan mengakibatkan susah buang air besar, buah pisang dan anggur memilki kandungan serat yang cukup. Selain itu buah anggur juga memiliki kandungan gula, selulosa serta asam organik yang berperan dalam mengobati susah buang air besar.

--> Merawat kesehatan jantung 
Memiliki jantung yang sehat merupakan keingina kita semua, dengan kita mengkonsumsi buah anggur maka oksidasi nitrat anggur akan meningkat sehingga mencegah gumpalan dan menghentikan kolestrol jahat yang menghambat pembuluh darah. Oleh karena itu jantung kita akan terawat kesehatannya dan terhindar dari penyakit jantung.

--> Mengatasi migran
Sakit kepala sebelah merupakan salah satu penyakit yang sering di rasakan oleh sevagian orang, banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit tersebut. Kandungan vitamin B2 atau riblovafin yang terdapat dalam buah anggur berfungsi untuk meredakan sakit kepala.

--> Melindungi mata dari katarak
Katarak merupakan suatu penyakit mata dimana lensa mata yang semula berwana putih jernih berubah menjadi keruh, akibatnya objek yang di lihat menjadi kabur dan menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas. Flavonoid yang terdapat dalam buah anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang di sebabkan oleh radikal bebas.

--> Mengatasi gangguan pada ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh kita, apabila ginjal kita terganggu maka sistem  dalam tubuh kita juga akan terganggu. Anggur memiliki kandungan yang berperan untuk mengatasi gangguan pada ginjal, karena dapat membantu menyingkirkan asam dalam ginjal. Sehingga dapat mengurangi tekanan pada ginjal kita.

--> Menghindari penyakit al - zheimer
Al - zheimer merupakan suatu penyakit dimana sel - sel otak kita mati, sehingga sinyal - sinyal yang terdapat dalam otak susah di transmisi.Buah anggur ternyata mengandung resveratol yaitu sebuah polifenol yang dapat mengurangi amyloidal beta peptides pada penderita penyakit al - zheimer.

--> Sebagai detoksitasi dalam tubuh
Kandungan mineral yang terdapat dalam buah anggur dapat membersihkan organ hati sehingga dapat sebagai detoksitasi dalam tubuh kita.

--> Merawat kesehatan gusi
Penyakit yang di timbulkan akibat gusi kita tidak di rawat adalah terjadinya radang pada gusi. Apabila gusi kit terkena radang akan menimbulkan sakit yang luar biasa apabila gusi kita tersentuh. Kandungan yang terdapat dalam biji dan kulit anggur dapat menghambat kemampuan bakteri corrosive melekat pada enamel gigi.

--> Menghambat proses penuaan dini
Kandungan flavonoid yang terdapat dalam buah anggur dapat menangkal radikal bebas, salah satu dampak apabila tubuh kita terkena radikal bebas di antaranya kulit kita menjadi kusam, keriput sehingga kulit kita terlihat semakin tua. Oleh karena kandungan tersebut buah anggur dapat menghambat proses penuaan dini pada tubuh kita

--> Mengatasi influenza
Influenza merupakan penyakit dimana tersumbatnya pernafasan dalam hidung yang di sebabkan oleh penggumpalan kelenjar dalam hidung.Influenza di sebabkan oleh virus - virus yang membentuk penyakit tersebut, Kandungan polyphenol yang terdapat buah anggur di sinyalir dapat menghambat produksi protein yang biasanya di kaitkan dengan penyakit kardiovaskuler.

--> Mengurangi resiko diabetes
Anti oksidan ekstrak buah anggur dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita.

Demikian artikel yang saya buat mengenai Manfaat dan Kandungan Buah Anggur
--- > Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment