00:16
0
Manfaat dan Kandungan Buah Sirsak
Sirsak merupakan buah yang dapat mudah kita temui di lingkungan sekitar kita. Buah ini memiliki duri - duri kecil, tetapi tidak terlalu membahayakan kita. Di daerah Indonesia sendiri buah ini memiliki banyak nama di antaranya srikaya jawa (Bali), nangka buris (Madura), durian betawi (minangkabau), durio ulondro (Nias), sirsak (Sunda), nangka landa (Jawa), deureuyan belanda (Aceh), jambu landa (Lampung). Penyebutan belanda dan variasinya menunjukan bahwa sirsak berasal dari bahasa Belanda yaitu " zuurzak " yang berarti kantung asam. Buah yang memiliki nama latin Annona muricata ini berasal dari Amerika sekitar Peru, Meksiko dan Argentina. Buah sirsak menjadi populer karena kandungan dan manfaat yang terdapat dalam buahnya. Manfaat apa saja sih yang di peroleh kita apabila kita mengkonsumsi buah sirsak ?
Sebelum kita membahas mengenai manfaat dari buah sirsak itu sendiri, adakalanya kita memngetahui kandungan yang terdapat dalam buah sirsak. Untuk itu saya akan mengulas terlebih dahulu mengenai kandungan gizi yang terdapat dalam buah sirsak, diantaranya adalah :
  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak 
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Vitamin A, B1, C, B2

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak
Selain memiliki kandungan gizi, sirsak juga memiliki bnayak kandungan non gizi yang bermanfaat juga bagi tubuh kita  di antaranya adalah mengandung serat pangan (dietary fiber) yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah. Adapun manfaat dan khasiat dari buah sirsak, di antaranya adalah :

--> Mengatasi sakit kepala seperti Migran
Banyak faktor yang mengakibatkan orang terkena migran diantaranya stress, lapar, cuaca, kafein.   Kandungan Vitamin B2 atau riblovafin yang terdapat dalam buah sirsak berguna untuk meredakan rasa sakit di kepala seperti migran.

--> Mengatasi anemia
Anemia / kurang darah pada tubuh kita akan berdampak pada tubuh kita, tubuh akan terasa lemas dan lesu. Kandungan zat besi yang terdapat dalam buah sirsak dapat mengatasi anemia, hal ini sama halnya peranan zat besi yang terdapat dalam buah durian.

--> Menjaga fungsi usus besar
Selain mengandung gizi, sirsak juga memiliki kandungan non gizi yaitu serat pangan. Serat pangan itu sendiri bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dengan menjaga usus besar.

--> Meningkatkan energi dalam tubuh
Aroma buah sirsak yang segar dapat menggairahkan mood dalam tubuh kita. selain itu sirsak juga memiliki kandungan thiamin yang bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh kita.

--> Menjaga kesehatan tulang
Kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat dalam buah sirsak berperan dalam menyehatkan tulang kita, buah sirsak juga memiliki mineral yang berperan dalam membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga kebutuhan serta nutrisi dalam tulang terpenuhi.

--> Mengurangi resiko wasir
Serat yang terdapat dalam buah sirsak juga dapat bermanfaat untuk menyerap air serta meningkatkan teksture dan volume fesses agar lebih mudah melewati usus.hal ini dapat mengurangi resiko terkena wasir.

--> Mengobati sembelit
Buah sirsak juga kaya akan senyawa fitokimia yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita, sehingga baik bagi orang yang terkena sembelit dan susah buang air besar agar pencernaan kembali lancar.

--> Menjaga kesehatan mata
Vitamin A membantu metabolisme sel yang terdapat pada lapisan paling luar pada retina yang fungsinya untuk beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. sehingga kesehatan mata pun dapat terjaga.

--> Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Sama halnya kandungan yang terdapat dalam buah pisang dan pear , kandungan vitamin A, C dan Bkompleks yang terdapat dalam buah sirsak juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus penyakit.

--> Menghambat proses penuaan dini
Kandungan vitamin A juga bermanfaat untuk menghambat proses penuaan dini, dimana vitamin A dapat menghasilkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Dengan adanya vitamin A tersebut maka kerusakan sel kulit yang di akibatkan oleh radikal bebas dapat di cegah sehingga dapat menghambat proses penuaan dini.

Selain dari manfaat tersebut di atas, buah sirsak juga dapat bermanfaat untuk mengatur proses metabolisme, membunuh sel kanker, mengobati diare, mengatasi masalah kerontokan tubuh dan membantu proses pembentukan gigi.

Demikian artikel yang saya buat mengenai Manfaat dan Kandungan Buah Sirsak
---> Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment