02:55
0
Manfaat dan Kandungan Buah
Buah naga (dragon fruit) merupakan buah dari jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari daerah Amerika (Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan). Buah ini di bawa ke Asia sekitar tahun 1870 an oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam hanya untuk tanaman hias saja. Buah yang memiliki nama latin Hylocereus undatus ini dipercaya oleh orang china sebagai buah yang memiliki berkah. Buah ini banyak kita jumpai dalam soup buah, biasanya buah ini di campur dengan buah yang lain di antaranya apel , pisang , durian dll. Itu merupakan sekilas info mengenai buah naga, kembali ke topik pembahasan artikel kali ini mengenai manfaat dan kandungan buah naga. selain bentuk teksture daging buahnya yang lunak serta terdapat bintik - bintik hitam di dagingnya, buah naga juga memiliki banyak sekali kandungan gizi yang terdapat dalam buahnya. Kandungan apa saja yang terdapat dalam buah naga di antaranya adalah :
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Fosfor, kalsium
  • Air
  • Phytoalbumins
  • Serat
  • Vitamin  B1,B2, B3, B12, C
  • Protein
Manfaat dan Khasiat Buah Naga
Setelah kita mengetahui kandungan yang terdapat dalam buah naga, untuk kesempatan kali ini saya mengulas mengenai manfaat dan khasiat dari buah naga itu sendiri di antaranya adalah : 

--> Mencegah kanker
Buah naga memiliki antioksidan yang berfungsi untuk membunuh / menghambat pertumbuhan sel - sel kanker.

--> Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang lemah akan cepat dapat terkena serangan dari penyakit, oleh karena itu apabila kita memiliki sistem kekebalan yang lemah pada tubuh kita, saya anjurkan untuk mengkonsumsi buah naga. Hal ini di karenakan buah naga mempunyai kandungan Vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan / memperkuat sistem kekebalan pada tubuh kita.

--> Mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular
Apa itu penyakit kardiovaskular ? adalah suatu penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Biji buah naga mengandung asam lemak tak jenuh (omega 3 dan 6) yang dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

--> Mengobati dehidrasi
Selain buah semangka , buah naga juga kaya akan kandungan airnya. oleh karena itu mengkonsumsi buah naga di saat kita terkena dehidrasi / kekurangan cairan dalam tubuh merupakan pilihan yang tepat.

--> Membuang racun dalam tubuh
Banyak sekali makanan yang kita makan setiap hari menghasilkan racun dalam tubuh kita, selain dari faktor makanan yang kita konsumsi racun yang terdapat dalam tubuh di akibatkan oleh adanya radikal bebas yang terdapat dalam tubuh kita. Kandungan zat antioksidan yang terdapat dalam buah dapat membuang racun yang terdapat dalam tubuh kita.

--> Menambah nafsu makan
Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat dalam buah naga dapat meningkatkan nafsu makan kita, terutama kandungan vitamin B1 dan B2.

--> Merawat kesehatan kulit
Niacin atau vitamin B3 di perlukan oleh tubuh kita untuk melancarkan sistem peredaran darah dan kesehatan kulit kita.
(Baca : Tips memutihkan wajah secara alami

--> Menjaga kesehatan jantung
Vitamin C dan B kompleks yang terkandung dalam buah naga berperan dalam merawat kesehatan jantung kita.

--> Baik untuk sistem pencernaan tubuh kita
Kaya akan serat dan air sehingga buah naga dapat melancarkan sistem pencernaan pada tubuh kita, sebagaimana kita ketahui bahwa fungsi serat di antaranya untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

--> Merawat kesehatan tulang
Buah naga kaya akan mineral, fosfor dan kalsium merupakan mineral yang terdpat dalam buah naga. Dengan adanya fosfor dan kalsium maka dengan kita mengkonsumsi buah naga juga dapat merawat kesehatan tulang kita.

--> Menambah energi dalam tubuh
Vitamin lain yang terdapat dalam buah naga adalah vitamin B1 (Thiamin), fungsi thiamin itu sendiri berfungsi untuk memproses dengan cepat karbohidrat sehingga dapat memberikan energi dalam tubuh kita.

Demikian artikel yang saya buat mengenai Manfaat dan Kandungan Buah Naga
--- > Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment