01:43
0
Manfaat dan Kandungan Buah
Rambutan merupakan sejenis buah yang mudah kita jumpai, buahnya yang bergeromobol mirip dengan buah anggur. Buah ini berasal dari kepulauan di Asia tenggara, dan di duga tanaman buah ini berasal dari daerah tropis mungkin Malaysia atau Indonesia. Rambutan memiliki nama latin Niphelium lappaceum L , buah rambutan memiliki rasa yang dominan manis, tetapi tidak semua buah rambutan memiliki rasa yang manis tergantung pada jenis buah rambutan. Pembudidayaan tanaman rambutan lebih cocok di tanam di daerah dataran rendah hingga ketinggian 500 m dpl dengan tipe iklim basah. Rambutan memiliki texture buah yang kenyal, selain rasanya yang enak untuk kita makan, buah ini juga kaya akan kandungan gizinya dan mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.Berdasarkan penelitian ternyata buah ini memiliki kandungan dan manfaat setara dengan buah apel dan jeruk. Selain daging buahnya ternyata pada seluruh bagian tanaman rambutan dapat kita manfaatkan sebagai obat penyakit di antaranya kulit buah rambutan (sebagai obat demam dan disentri) , kulit kayu rambutan (sebagai obat sariawan) , daun rambutan (sebagai obat diare) dll . Itulah sekilas info mengenai rambutan, adapun kandungan gizi yang terdapat dalam buah rambutan di antaranya :
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Fosfor
  • Kalium
  • Sodium
  • Mangan, magnesium, zat besi
  • Thiamin, riblofavin, folat, niacin, flavonoid
  • Vitamin C, B12, B6
  • Asam pantotenat
  • Serat  
Manfaat dan Khasiat Buah Rambutan
Buah rambutan termasuk makanan yang merupakan sumber vitamin C yang baik, dalam setiap porsi buah ini (100 gr) di ketahui dapat memenuhi sekitar 40 % dari jumlah konsumsi harian vitamin c yang di sarankan. Adapun manfaat yang di dapatkan bagi tubuh kita, apabila kita mengkonsumsi buah ini di antaranya :

--> Mengatasi kelelahan
Mengkonsumsi buah rambutan di ketahui dapat memberikan pasokan zat besi yang cukup berarti di dalam tubuh yaitu sekitar 13,8% - 31,2% dari asupan zat besi harian yang di sarankan. Fungsi dari zat besi itu sendiri di antaranya untuk menyeimbangkan kadar oksigen dalam darah yang dapat menyebabkan kelelahan dan pusing. 

--> Anti kanker
Zat anti oksidan yang terdapat dalam buah rambutan seperti flavonoid mampu membunuh serta menghambat perkembangan sel - sel kanker.

--> Mengobati sariawan
Sariawan merupakan suatu luka yang terdapat dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa nyeri apabila mulut kita di gerakan.salah satu penyebab dari penyakit ini adalah kekurangan vitamin c dan serat pada tubuh kita. Buah rambutan kaya akan kandungan vitamin c, oleh karena itu buah rambutan bisa dapat mengobati sariawan.

--> Mengatasi anemia
Anemia adalah berkurangnya sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah, kekurangan zat besi dan vitamin c dalam tubuh kita bisa mengakibatkan kita terkena anemia. Buah rambutan sendiri kaya akan vitamin c dan mempunyai kandungan zat besi untuk menghasilkan sel darah merah dalam tubuh kita. Sehingga buah rambutan dapat mengatasi penyakit anemia.

--> Menguatkan sistem imun dalam tubuh
Kandungan tembaga yang terdapat dalam buah rambutan dapat menghasilkan sel darah putih di dalam tubuh kita, sel darah putih itu sendiri dapat berperan dalam melawan berbagai virus, kuman, bakteri yang mengganggu / membahayakan tubuh kita.

--> Merawat kesehatan ginjal
Zat anti oksidan yang terdapat dalam buah rambutan seperti fosfor dapat menetralizir limbah yang terdapat dalam ginjal, sehingga peranan fungsi ginjal bagi tubuh kita dapat menjadi maksimal karena tidak terganggu oleh limbah / racun yang masuk dalam tubuh kita.

--> Melawan radikal bebas dalam tubuh
Radikal bebas dalam tubuh kita di sebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal di antaranya makanan yang kita konsumsi setiap harinya akan menghasilkan racun dalam tubuh kita, sedangkan faktor eksternal di antaranya terkena asap rokok, polusi udara dll. Dengan adanya kandungan vitamin c serta anti oksidan yang terdapat dalam buah rambutan, hal ini berfungsi untuk melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita.

--> Menambah energi dalam tubuh
Bagi anda yang mudah lelah sehabis melakukan rutinitas sehari - hari anda, saya sarankan untuk mengkonsumsi buah rambutan setelah kita melakukan rutinitas yang menyebabkan tubuh kita menjadi lelah. Hal ini di karenakan buah rambutan memeiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang menghasilkan energi dalam tubuh kita. Selain buah rambutan, buah pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh kita.

--> Rambutan sebagai program diet
Obesitas atau kegemukan dalam tubuh bagi mayoritas orang ini adalah suatu hal yang tidak mengenakan dalam tubuh kita, terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh kita dapat mempengaruhi sistem kerja organ di dalam tubuh. Sehingga banyak orang yang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan dan kegemukan dalam tubuh. Selain buah nanas , buah rambutan juga memiliki kaya akan gizi dan rendah kalori. Sehingga buah rambutan baik sebagai teman di saat kita sedang menjalani program diet.

--> Mengatasi gangguan pencernaan
Salah satu penyebab terjadinya gangguan pada pencernaan kita di antaranya kurangnya asupan serat yang terpenuhi dalam tubuh kita. Rambutan sendiri memiliki kandungan cukup serat untuk memenuhi kebutuhan serat yang terdapat dalam tubuh kita. Fungsi serat itu sendiri salah satunya untuk merangsang aktivitas saluran usus secara normal dalam mengeluarkan kotoran.

--> Mengobati diabetes
Sel dalam tubuh manusia membutuhkan kandungan gula agar dapat bekerja dengan normal, gula dapat masuk dengan bantuan hormon insulin. Jika dalam tubuh hormon insulin tidak cukup, maka akan terjadi penumpukan zat gula dalam tubuh kita, hal inilah yang terjadi pada penderita diabetes melitus. Dengan kita memakan buah rambutan, dimana buah ini memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi seperti flavonoid yang di percaya dapat mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh sehingga keseimbangan kadar gula dalam tubuh kita dapat terjaga.

--> Mengurangi Hipertensi
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah rambutan juga dapat berperan dalam mengatur keseimbangan tekanan darah dalam tubuh kita.

--> Menghitamkan rambut 
Memiliki rambut yang hitam dan sehat adalah dambaan mayoritas orang pada umumnya. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah rambutan dapat menghitamkan rambut kita.

--> Mengobati demam
Biasanya kalau kita mengalami demam di sertai dengan batuk, influenza dll, rambutan mempunyai kandungan vitamin c yang dapat berperan dalam melawan virus - virus penyakit tersebut.

--> Menyegarkan mulut
Kandungan thiamin yang terdapat dalam buah rambutan dapat berfungsi untuk menyegarkan mulut setelah kita mengkonsumsi buah rambutan.


Demikian artikel yang saya buat mengenai Manfaat dan Kandungan Buah Rambutan
--- > Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment