22:20
0
Buah yang enak dan manis ini merupakan salah satu buah yang menjadi hidangan cuci mulut sehabis kita makan selain buah pisang, pepaya,semangka
dan lain - lain. Buah yang satu ini memiliki nama apel (Pyrus malus), biasanya apel berwarna merah, hijau, serta perpaduan warna merah dan hijau. Pasti anda semua sudah pernah mengkonsumsi buah yang satu ini . Sekilas info " buah apel berasal dari bangsa Roman dan Mesir yang memperkenalkan ke dataran Inggris dan Amerika ". Banyak resep / hasil olahan yang menngunakan bahan dasar apel, salah satu yang sering kita lihat / kita buat yaitu jus apel. Banyak sekali manfaat dan kandungan yang terdapat dalam buah apel. Sebelum saya menjelaskan mengenai manfaat apa saja yang di dapat dari kita mengkonsumsi buah apel. 


Lebih afdolnya kita mengetahui dulu kandungan - kandungan yang terdapat dalam buah apel itu sendiri. Kandungan yang terdapat dalam buah apel di antaranya :
  • Air
  • Vitamin A, C
  • Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9
  • Tanin
  • Lemak
  • Protein
  • Kalsium, magnesium, potasium
  • Zat besi
  • Hidrat arang
  • Fosfor
  • Kalor

Manfaat dan Khasiat Buah Apel
Ternyata banyak juga yah kandungan yang ada dalam buah apel, nah itu dia alasannya mengapa buah apel memiliki banyak manfaat. Untuk itu saya akan mengulas mengenai manfaat dan khasiat buah apel, apa saja sih manfaat dari buah apel, manfaat dari buah apel di antaranya adalah :

--> Dapat menyegarkan mulut
Kalian merasakan ngga apabila setelah kita mengkonsumsi buah apel mulut kita merasa segar, hal ini di karenakan buah apel memiliki kandungan tanin, fungsi dari tanin itu sendiri salah satunya untuk membersikan dan menyegarkan mulut kita.

--> Apel dapat mengobati dehidrasi
Apel memiliki banyak kandungan air yang banyak, dengan ini air dapat mengobati dehidrasi atau kekurangan cairan yang ada dalam tubuh. Selain apel, mentimun, semangka  juga dapat mengobati dehidrasi dalam tubuh kita.

--> Melancarkan pencernaan
Selain kandungan di atas, ternyata apel juga memiliki cukup serat sehingga apel dapat melancarkan pencernaan tubuh kita. Selain itu apel itu memiliki texture yang mudah di kunyah,mudah hancur sehingga mudah dalam proses pencernaannya.

--> Memperkuat tulang
Apel juga bisa dapat menguatkan tulang kita, seperti yang kita ketahui kalsium berfungsi untuk mengutakn tulang.

--> Meningkatkan fungsi otak
B kompleks juga berperan dalam meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi. Vitamin ini bekerja dengan cara membangun perisai pelindung di sekitar saraf otak dari ancaman racun bagi sel - sel saraf.

--> Apel bisa menurunkan kolestrol
Kandungan zat pektin dan folifenol dapat menurunkan kadar kolestrol darah dan mencegah oksidasi kolestrol jahat. Untuk mengoptimalkannya sebaiknya buah apel di konsumsi bersama dengan kulitnya, karena kulit apel memiliki kandungan zat oksidan yang tinggi.

--> Mengkonsumsi apel dapat menghindari penyakit al-zheimer
Apa itu penyakit al-zheimer ? adalah suatu kondisi dimana sel - sel saraf di otak mati, sehingga sinyal - sinyal di otak susah di transmisi dengan baik.Efek yang di timbulkan terkena penyakit ini di antaranya bermasalah dalam menginat, penilaian dan berpikir. Oleh karena itu kita di sarankan untuk mengkonsumsi bauh apel karena buah apel mengandung B kompleks yang dapat menghindari kita dari penyakit tersebut.

--> Dapat mengobati penyakit asma
asma merupakan suatu penyakit paru - paru yang terjadi akibat radang dan penyempitan pada saluran pernapasan. Apel memiliki zat - zat anti oksidan yang tinggi serta memiliki kandungan vitamin A dan C, anti oksidan berguna untuk mencegah kerusakan sel. Pada penderita asma anti oksidan berfungsi untuk mencegah inflamasi serta memperbaiki sel - sel pada saluran pernapasan yang di sebabkan oleh serangan asma.


--> Membuat perlindungan pada gigi
Buah apel memiliki kandungan kalsium, magnesium dan potasium, salah satu fungsi dari ketiga zat tersebut diantaranya untuk membuat perlindungan pada gigi, serta untuk menghindari resiko terkena osteoporosis sejak dini.

--> Menyehatkan mata
Rabun senja pada mata, inilah salah satu penyakit mata yang perlu kita waspadai. Efek yang di timbulkan oleh penyakit ini adalah terganggunya penglihatan mata kita di saat malam hari atau di saat kondisi kurang cahaya. Apel salah satu buah yang memiliki kandungan kaya akan gizi, salah satunya apel memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, dimana kekurangan vitamin A adalah salah satu faktor utama penyebab mata menjadi rabun, oleh karena itu apel dapat menyehatkan mata / menghindari penyakit rabun senja.

--> Menyehatkan kulit
Memiliki kulit tubuh yang halus dan lembut adalah dambaan kita semua, terutama kaum hawa yang mengutamakan penampilan. Apel memiliki zat anti oksidan yang berfungsi untuk memperbaiki sel - sel yang rusak dan membuang racun / radikal bebas yang di serap oleh tubuh kita.

--> Menjaga kesehatan jantung
Jantung merupakan daya hidup manusia, kalau jantung kita terganggu maka kehidupan kita pun ikut terganggu, sangat pentingnya organ ini untuk tetap kita selalu jaga. Penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya no. 1 di dunia, untuk itu kita sangat di anjurkan untuk selalu menjaga kesehatan jantung kita. Buah apel juga dapat menjaga kesehatan jantung kita karena apel kaya akan zat fitokimiawi di antaranya flavonoid dan fenol, salah satu fungsi zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

--> Mengembalikan stamina tubuh
Bagi seseorang olahragawan atau terkena stress, hal ini akan berdampak pada meningkatnya asam laktat di dalam tubuh. Dengan meningkatnya asam laktat yang ada dalam tubuh kita maka tubuh kita akan menjadi lemas dan lesu. Buah apel memiki kandungan kalium serta enzim yang berguna untuk menurunkan asam laktat yang ada dalam tubuh kita sehingga stamina kita akan kembali normal.

--> Mencegah kanker
Kanker merupakan salah satu momok penyakit yang sangat berbahaya, banyak percobaan dari berbagai studi. Salah satunya di Cornell University di Newyork, meneliti bahwa kandungan yang terdapat dalam buah apel dapat mencegah kanker payudara. Selain itu buah apel juga dapat mencegah kanker lainnya di antaranya kanker usus besar, kanker hati. Kandungan flavonoid, quercetin dan naringin pada apel di percaya dapat mencegah kanker.

--> Mengontrol diabetes
Faktor dari penyakit ini salah satunya adalah naiknya kadar hormon insulin dalam tubuh kita. Bagi penderita diabetes, dengan sering rajin makan buah apel, maka hormon insulin akan berkurang. Hal ini di karenakan buah apel memiliki kandungan galacturonik acid yang berfungsi untuk menurunkan kadar hormon insulin pada tubuh.

Demikian artikel yang saya buat mengenai Manfaat dan Kandungan Buah Apel
---> Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment