07:13
0
Manfaat dan Kandungan Buah Durian
Buah Durian merupakan buah yang mempunyai texture kulit yang berlekuk - lekuk tajam sehingga mirip dengan duri, buah yang sering tumbuh di daerah tropis ini memiliki nama latin Durio zibethinus L . Buah ini memiliki julukan rajanya buah (king of fruit), sedangkan buah yang mendapat julukan ratunya (queen fruit) buah adalah manggis. Wah so sweet banget yah, ternyata buah ada raja dan ratunya juga, kenapa buah durian mendapat julukan rajanya buah ? karena durian merupakan buah yang kontroversial meskipun banyak yang menyukai tetapi banyak pula yang tidak suka dengan bau aromanya. Di samping itu semua buah durian memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita loh, manfaat apa saja sih yang terdapat dalam buah durian. Sebelum saya membahas tentang manfaat yang di dapat dari durian, alangkah baiknya kita mengetahui kandungan gizi yang terdapat dalam durian itu sendiri. Selain di juluki dengan king fruit, buah durian juga di juluki dengan bintang lima, hal ini buah durian memiliki kandungan gizi yang lengkap di bandingkan dengan buah yang lain, adapun kandungannya di antaranya :
  • Vitamin B, C
  • Zat besi
  • Kalium, Niasin
  • Magnesium, Fosfor, Seng
  • Thiamin
  • Karbohidrat
  • Lemak tak jenuh
  • Protein
  • Phytonurient, Polyphenol, Phytosterol
  • Antioksidan, Organosulfur, Riblofavin
  • Omega 3 dan 6
 
Manfaat dan Khasiat Buah Durian
Di balik kontroversinya ternyata buah durian mempunyai kandungan gizi yang banyak juga yah, selain mempunyai rasa yang nikmat dan aromanya yang khas, buah durian juga mepunyai banyak manfaat dan khasiat. Manfaat dan khasiat apa saja sih yang di dapat jika kita mengkonsumsi buah durian? di antaranya :

--> Dapat mengurangi stress dan depresi
Pada masa sekarang banyak orang yang mengalami stress dan depresi, banyak faktor yang membuat orang menjadi stress dan depresi, salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya hormon serotonin dalam tubuh kita. Buah durian memiliki kandungan vitamin B6 yang berfungsi untuk memproduksi hormon serotonin  dalam tubuh kita. Oleh karena itu durian bisa mengurangi stress dan depresi.

--> Dapat meningkatkan nafsu makan
Buah durian juga memiliki kandungan niasin, salah satu fungsi dari niasin yaitu untuk menambah nafsu makan.

--> Menghilangkan ketagihan efek nikotin
Kandungan B6, B12, magnesium dan kalium yang terdapat dalam buah durian juga berfungsi untuk menghilangkan kecanduan nikotin dalam tubuh kita. Jadi buat orang yang sedang melakukan terapi untuk berhenti merokok, mengkonsumsi buah ini pilihan yang tepat.

--> Membuang racun dalam tubuh
Tak perlu kita pungkiri lagi bahwa makananan yang kita konsumsi setiap harinya memiliki kandungan racun yang akan berdampak pada kesehatan organ tubuh kita, selain dari faktor makanan yang kita konsumsi racun dalam tubuh juga di dapat dari radikal bebas di antaranya menghirup asap rokok, asap kendaraan dll. Sama halnya pada buah pepaya , vitamin c serta anti oksidan yang terdapat dalam buah durian juga bisa dapat membuang racun yang ada dalam tubuh kita.

--> Mengobati penderita anemia
Anemia / kurangnya kadar darah yang terdapat dalam tubuh kita, berefek pada lemas dan lesunya tubuh kita. Kandungan zat besi dan asam folat yang terdapat dalam buah durian bisa dapat menambah kadar darah dalam tubuh kita.

--> Sumber energi
Seperti buah pisang dan semangka , buah durian juga memiliki kandungan karbohidrat yang berguna untuk menambah energi dalam tubuh kita.

--> Merawat kesehatan gigi dan tulang
Fosfor salah satu yang di butuhkan oleh organ tubuh kita, kekurangan fosfor dalam tubuh akan berdampak pada kesehatan tulang dan gigi kita. Dalam hal ini buah durian memiliki kandungan fosfor yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fosfor dalam merawat gigi dan tulang kita.

--> Meningkatkan fungsi otak
Vitamin B kompleks juga berperan dalam meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi.Vitamin ini bekerja dengan cara membuat perisai perlindungan pada sel saraf otak dari virus pengganggu sel - sel saraf otak.Seperti sama halnya fungsi vitamin B komplek yang terkandung pada buah apel.

--> Dapat menghambat / mematikan pertumbuhan sel kanker ganas
Menurut Prof. Kenneth ParkinsonBSc, phD (kepala penelitian mulut) di University of London, Inggris menguitarakan penelitiannya mengenai manfaat dari omega 3 yaitu dapat mematikan sel kanker ganas dengan tidak mematikan sel - sel normal lainnya di tubuh.

--> Mengobati jerawat
Jerawat bisa di sembuhkan dengan cara yang alami tanpa menggunakan obat yang mengandung bahan kimia.
Jerawat merupakan penyakit yang terlihat sepele, tapi bila kita tidak segera mengobatinya akan menjalar dan akan menimbulkan radang pada kulit. Buah durian memiliki kandungan Omega 6 yang salah satu fungsi bagi kesehatan kulit kita adalah untuk memperbaiki sel - sel yang rusak dan dapat mengobati jerawat.

--> Melancarkan peredaran darah
Buah durian juga memiliki kandungan lemak tak jenuh, adapun fungsi dari lemak tak jenuh bagi tubuh yaitu untuk mengusir lemak jenuh yang terdapat pada arteri sehingga dapat melancarkan peredaran darah.

--> Menjaga kesehatan usus
Manfaat dari riboflavin yang terdapat dalam buah durian di percaya dapat merawat kesehatan khusus kita, dengan adanya riboflavin berperan dalam melindungi mukosa sehingga mengurangi resiko sistem pencernaan dan kesehatan usus pun dapat terjaga.

--> Membantu metabolisme tubuh
Metabolisme karbohidrat berperan penting dalam menjaga keseimbangan sistem tubuh, vitamin B kompleks berperan dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang menghasilkan energi pada tubuh agar berfungsi secara optimal. Dengan hal ini kesehatan pada organ hati pun dapat terjaga dan menjaga metabolisme dalam tubuh tetap lancar.

--> Mencegah neuropati
Apa itu neuropati ? adalah masalah yang terjadi pada saraf sehingga mengakibatkan nyeri, kesemutan, pembengkakan, mati rasa atau melemahnya otot - otot pada bagian yang berbeda, neuropati biasanya banyak menyerang orang pada umur 40 ke atas. Kandungan thiamin yang terdapat dalam buah durian juga dapat mencegah penyakit neuropati.

--> Melawan insomnia
Bagi orang yang susah untuk tidur, mengkonsumsi buah durian merupakan solusi yang tepat karena di dalam buah durian terdapat kandungan asam amino esensia dan tryptophan yang berfungsi untuk merangsang metabolisme dalam tubuh sehingga lebih mudah untuk tidur.


Demikian artikel yang saya buat mengenai Manfaat dan Kandungan Buah Durian
---> Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment