12:15
0
Pasti anda tau kan buah yang satu ini, iya benar sekali buah pisang namanya.Buah pisang merupakan buah yang sangat mudah kita jumpai, selain kaya akan gizi, hargannya juga sangat terjangkau. Maka dari itu banyak masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi buah yang satu ini . Sebelum kita membahas jauh tentang manfaat dan kandungan buah pisang, adakalanya kita mengetahui tentang asal muasal buah pisang itu sendiri. Buah pisang yang memiliki nama latin Musa sp , jika menurut sejarah sekitar 5000 SM pisang berasal dari berasal dari Asia Tenggara, yang kemudian menyebar ke seluruh negara bagian di antaranya negara Afrika bagian Barat, Amerika bagian Selatan dan Tengah dan saat ini menyebar ke seluruh penjuru dunia.Mudahnya proses pemeliharaan dan pengembang biakannya sehingga banyak orang yang membudidayakannya. Kembali ke topik pembicaraan artikel kali ini tentang Manfaat dan Kandungan Buah Pisang. Sebenarnya apa saja sih manfaat dan kandungan pisang itu sendiri, kandungan yang terdapat dalam pisang di antaranya adalah :
  • Kaya akan karbohidrat
  • Serat
  • Kalori
  • Lemak dan kolesterol
  • Vitamin B1, B2, B6, B12
  • Vitamin A, D
  • Kalsium, Fosfor, Kalium, Magnesium, Seng
  • Zat besi
  • Air, gula
  • Protein  

Manfaat dan Kandungan Buah Pisang
Selain buahnya, ternyata kulit pisang juga mempunyai banyak manfaat loh. Manfaat kulit pisang di antaranya adalah sebagai pereda nyeri, sebagai penambah mood, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi rasa gatal, sebagai pakan hewan ternak, menyembuhkan sakit kepala. Baiklah itu sebagai sekilas info aja tentang manfaat yang di kandung kulit pisang, sekarang saya akan membahas tentang topik semula yaitu mengenai Manfaat dan Kandungan Buah Pisang itu sendiri. Saya akan menjabarkan secara details mengenai manfaat dari buah pisang itu sendiri 
di antaranya :

--> Bermanfaat untuk melancarkan pencernaan
Buah pisang yang kaya akan serat,mudah di cerna karena memiliki texture buah yang lunak, seperti yang kita ketahui fungsi salah satu dari serat adalah untuk melancarkan pencernaan.Sehingga baik untuk penderita asam lambung.

--> Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin A, C dan B6  yang terdapat dalam buah pisang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga dapat melawan serangan infeksi.

--> Meningkatkan energi dalam tubuh
Seperti saya jelaskan di atas bahwa buah pisang juga kaya akan karbohidrat, yang berfungsi untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Hal ini pisang juga dapat menggantikan peranan dari nasi.
--> Cocok untuk menurunkan berat badan
Bagaimana bisa pisang dapat menurunkan berat badan ?
kadar karbohidrat kompleks yang di miliki buah pisang tidak dapat meningkatkan glukosa secara drastis dan rendah lemak sehingga cocok untuk program penurunan berat badan. serat yang terdapat dalam buah pisang juga dapat menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.
Asal pisang yang anda konsumsi tidak di olah menjadi pisang goreng atau lainnya yang campuran bahan olahannya itu mengandung lemak yang tinggi.

--> Dapat menghambat sel kanker payudara
Menurut penelitian vitamin A juga dapat menghambat perkembangang sel kanker yang biasanya menyerang wanita yaitu kanker payudara. Bentuk turunannya yang berupa retinoat dan retinol inilah yang akan menghambat perkembangan sel kanker.

--> Membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis
Buah pisang yang mempunyai kandungan di antaranya kalsium, fosfor dan sebagainya ini juga dapat menjaga kesehatan tulang kita dan mencegah osteoporosis.

--> Mengoptimalkan perkembangan janin
Vitamin A sangat cocok untuk ibu hamil, karena sifatnya mudah larut dalam air dan lemak. sehingga di perlukan untuk si jabang bayi.
--> Sebagai obat tekanan darah tinggi (Hipertensi)
Kandungan kalium yang terdapat dalam buah pisang juga di percaya dapat menurunkan tekanan darah tinngi, hal ini di karenakan fungsi dari kalium itu sendiri di antaranya untuk membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Selain itu terdapat serat yang berfungsi untuk mengikat lemak untuk mencegah timbulnya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.

--> Mengobati kurang darah (anemia)
Zat besi yang terdapat dalam buah pisang berfungsi untuk mengobati kurang darah, maka dari itu penderita anemia di sarankan untuk mengkonsumsi pisang setiap harinya.

--> Baik untuk kesehatan mata
Secara umum fungsi Vitamin A adalah untuk membantu metabolisme sel yang terdapat dalam lapisan luar retina, Seperti yang saya jelaskan di atas buah pisang juga memiliki kandungan vitamin A sehingga baik untuk kesehatan mata kita.

--> Menghambat proses penuaan dini
Kandungan Vitamin A yang terdapat dalam buah pisang dapat menghasilkan antioksidan yang mana dapat menangkal radikal bebas. Apa itu radikal bebas ? radikal bebas adalah udara yang kotor yang terhirup dalam organ pernapasan kita. Dengan adanya vitamin A tersebut maka kerusakaan yang di akibatkan oleh radikal bebas dapat di cegah untuk menghambat proses penuaan dini. 

--> Mencegah penyakit jantung
Vitamin c yang bersifat antioksidan yang terdapat dalam buah pisang bermanfaat untuk mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung.Seratnya juga dapat menurunkan kolestrol, seperti yang kita ketahu dampak dari kolestrol yang tinggi salah satunya dapat terserang penyakit jantung.

Setelah anda mengetahui tentang Manfaat dan Kandungan Buah Pisang itu sendiri. Saya akan memberikan tips tentang mengolah buah pisang untuk di jadikan jus itu sendiri.
Cara membuat Jus Pisang
Bahan - bahan yang di perlukan adalah : buah pisang, susu kental, es batu, air matang
caranya : ambil pisang secukupnya, masukan ke blender, campur dengan bahan - bahan lainnya, blender hingga semuanya tercampur dan menjadi halus, masukkan dalam gelas atau tempat lain
jus pisang siap di hidangkan.

Demikian artikel yang saya buat mengenai Manfaat dan Kandungan Buah Pisang .
---> Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment